Home » , , » Membuat Sendiri Nasi Bambu Khas Lombok

Membuat Sendiri Nasi Bambu Khas Lombok

Written By Novita Anggraeni on Friday, February 18, 2011 | 10:45 AM

Bagi para pecinta kuliner tentu tak asing dengan Nasi bambu Khas Lombok ini. Ya, nasi putih yang dicampur dengan ayam fillet, bawang bombai, wortel dan daun kemangi ini memang memiliki citarasa yang sangat khas yang membuat beberapa orang yang pernah mencobanya ketagihan dan selalu kangen untuk menikmatinya lagi dan lagi. Tapi sayangnya, tak banyak restoran yang menyajikan menu nasi bambu ini dalam daftar menu restoran mereka. Maka, adakalanya saking sukarnya mencari restoran yang menyajikan menu nasi bambu khas Lombok ini, banyak dari penggemar kuliner tradisional kemudian menepis jauh-jauh keinginannya untuk kembali menikmati hidangan nasi bambu.

Tapi tunggu dulu. Kalau nasi bambu ini susah didapat, kenapa idak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Anda tertarik membuat nasi bambu ini di rumah? Ini dia cara membuat nasi bambu khas Lombok itu:

Cara Membuat Nasi Bambu Khas Lombok





Bahan:

  • 75 gr nasi putih

  • 20 gr bawang bombai yang dicincang halus

  • 20 gr wortel yang dicincang halus

  • 5 gr daun kemangi

  • 25 gr daging ayam fillet

  • 1 ruas bambu hitam ukuran besar


Cara Membuat:

  1. Tumis wortel, bawang bombai, dan daging ayam fillet hingga benar-benar matang.

  2. Masukkan daun kemangi dan nasi ke dalam tumisan. Aduk-aduk dan pastikan antara nasi dan bahan yang ditumis tadi tercampur merata.

  3. Setelah itu, barulah kemudian nasi dan bahan yang tercampur merata tadi dimasukkan ke dalam bambu hitam. Steam/kukus kurang lebih sekitar 15 menit.

  4. Setelah itu, angkat dan sajikan bersama lauk pelengkap seperti ayam bakar, sambal dan lalap-lalapan.

0 comments:

Post a Comment

depotexcel