Home » , , , » Tips Membuat Bawang Goreng yang Renyah dan Tahan Lama

Tips Membuat Bawang Goreng yang Renyah dan Tahan Lama

Written By Novita Anggraeni on Saturday, February 6, 2016 | 10:30 PM

Bawang goreng adalah makanan pelengkap yang untuk sebagian orang nyaris harus selalu tersedia. Untuk itu, pada resep kali ini KotakBumbu akan membagikan satu tips membuat bawang goreng yang gurih, renyah, garing, dan yang terpenting tidak gosong. Yupe, beberapa dari kita mungkin pernah mengalami menggoreng bawang, dan hasilnya selalu gosong. Tipsnya adalah pada kejelian kita melihat perubahan warna pada bawang saat digoreng. Jika warna bawang sudah kekuningan, segera angkat dan tiriskan, karena pada saat diangkat sebenarnya proses pematangan masih berlangsung. Proses ini biasa disebut dengan istilah matang di darat.  

Disamping cara menggoreng, perlakuan kita pada bawang saat diiris juga berpengaruh besar pada kualitas bawang goreng yang nanti dihasilkan. Agar ketebalan bawang saat diiris merata sebaiknya gunakan mesin pengiris bawang, karena jika menggunakan pisau, apalagi untuk mengiris bawang dalam jumlah banyak, ketebalan irisan bawang adakalanya tidak sama. Hal ini akan berpengaruh pada saat proses menggoreng. Jadi disarankan lebih baik menggunakan alat pemotong bawang agar hasil potongannya merata dan hasil bawang setelah digoreng pun bisa merata dan bagus.

Oh iya, untuk lebih menggurikan bawang dan juga rasa, sebaiknya sebelum digoreng, bawang ditaburi dengan ktepung maizena dan garam. Aduk rata dan diamkan sebentar agar tepung dan garam tercampur dan meresap merata. Barulah setelah itu goreng bawang dengan api kecil. Aduk semua bawang sampai matang merata hingga berwarna kekuningan, lalu angkat dan tiriskan hingga benar-benar kering. Satu hal yang harus diingat, angkatlah bawang goreng ketika sudah berwarna kuning. Jangan menunggu sampai hasil gorengan tersebut berwarna cokelat. Panasnya minyak ketika bawang goreng tersebut ditiriskan akan membuat warna bawang berubah menjadi cokelat kehitaman dan menghasilkan rasa yang pahit.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah proses pengemasan agar bawang goreng lebih awet renyahnya, yakni simpan bawang goreng di tempat yang kedap udara. Pastikan juga bawang goreng dalam keadaan dingin dan minyaknya sudah habis sebelum dimasukkan ke dalam wadah yang kedap udara. Hal ini dilakukan agar menghasilkan bawang goreng yang renyah dan kering serta tahan lama.  

Demikian tips membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama. Semoga bermanfaat..  

0 comments:

Post a Comment

depotexcel