Home » , » Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Written By Novita Anggraeni on Friday, March 25, 2016 | 10:15 AM

BAHASAN Kotak Bumbu kali ini sedikit berbeda. Kalau biasanya yang dibahas adalah resep-resep masakan dan rekomendasi tempat makan, maka posting kali ini, Kotak Bumbu ingin sedikit berbagi kiat cara alami menghilangkan bau badan. Tenang, nggak terlalu melenceng jauh kok, karena cara yang ingin Kotak Bumbu bagi adalah cara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan yang biasa ditemui di dapur sahabat semua.

Ya, ternyata bahan-bahan yang biasa kita gunakan di dapur, baik sebagai bumbu maupun sayur mayur ternyata selain bisa melezatkan masakan, juga punya fungsi lainnya yang tak kalah penting yakni untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Penasaran bumbu dan sayur apa saja? Ini dia rinciannya. Selamat menyimak dan semoga berguna….  

1. Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)
Air perasan jeruk nipis dicampur dengan sedikit kapur sirih lalu digosokkan kebagian tertentu seperti ketiak dan sela-sela paha.

2. Daun Sirih (Piper Betle)
Mengandung zat antiseptic aktif dan mampu menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh jamur dan bakteri. Rendam beberapa lembar daun sirih dengan air panas, setelah dingin minumlah dua kali sehari. Atau haluskan daun sirih dengan campuran kapur lalu oleskan pada ketiak sebelum mandi.

3. Cengkih (Eugenia Aromatica)
Beberapa kuntum bunga cengkeh yang direndam dalam air hangat hingga mengembang. Lalu airnya diminum dapat memberi kesegaran pada aroma tubuh Anda.

4. Rimpang Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)
Kandungan zat Sapomin, flavoinoida dan minyak asiri yang terkandung dapat menghilangkan bau badan kurang sedap. Rebus potongan halus rimpang temulawak hingga mendidih lalu minum airnya secara teratur.

5. Daun Beluntas (Pluchea Indica)
Daun dan bunganya mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptic serta kandungan kimia seperti asam amino, leusin, isoleusin, triptofan, treonin, lemak dan kalsium serta fosfor besi yang mengandung vitamin A dan C ini berfungsi untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Jadikan lalapan atau kukus terlebih dahulu.

6. Daun Kemangi (Ocimun Baliscium)
Zat aktifnya berfungsi sebagai antiseptik. Konsumsi sesering mungkin dapat mencegah bau keringat tak sedap.

7. Bunga Kecombrang (Nicolaia Speciosa)
Mengandung zat aktif sopamin, flavoinoida dan polifenol. Konsumsi sebagai sayur dan lalapan. 

8. Jahe (zingiber Officanale) 
Masyarakat di India selalu mengkonsumsi jahe untuk menghilangkan bau badan. Sedangkan Kaisar Shen Nong (3000 SM) di Cina percaya minuman jahe dapat memberi kesegaran pada aroma tubuh serta mampu membangkitkan semangat.

0 comments:

Post a Comment

depotexcel